6 Tips Mudik Lebaran Membawa Balita Aman dan Nyaman

6 Tips Mudik Lebaran Membawa Balita Aman dan Nyaman

Mudik adalah kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Indonesia ketika bulan Ramadhan tiba. Tidak afdol rasanya jika merayakan lebaran tanpa pulang dan menghabiskannya bersama dengan keluarga tercinta.

Mudik sebenarnya hal yang mudah jika dilakukan hanya sendiri atau bersama pasangan. Tapi akan menjadi terasa sulit ketika Anda membawa sibuah hati bersama dengan Anda, maka akan terasa dua kali lebih melelahkan karena membawa sikecil. Seperti jika anak bosan di dalam kemacetan, menangis atau bahkan jika dia sampai jatuh sakit, pasti Anda tidak ingin mengambil langkah yang salah bukan. Perhatikan 6 tips mudik lebaran membawa balita dengan aman dan nyaman.

  1. Siapkan tempat khusus perlengkapan anak

Jika keperluan anak banyak, sebaiknya siapkan tempat khusus untuk menaruh semua yang dia perlukan secara terpisah. Seperti menggunakan tas dengan ukuran yang sesuai barang bawaan si kecil dan tidak perlu terlalu besar. Letakkan semua barang penting tersebut secara rapih dan sesuai dengan jenis tiap-tiap barangnya, hal itu membantu Anda lebih memudahkan dalam mengambil barang yang diperlukan.

  1. Persiapkan bekal perjalanan untuk anak

Hal ini perlu untuk mencegah apabila anak sewaktu-waktu rewel dalam perjalanan, maka persiapkan bekal sebelum melakukan perjalanan. Mungkin Anda bisa membawa makanan ringan seperti roti, biskuit, buah atau makan yang biasa digemarinya. Jika anak masih dalam masa penyusuhan ada baiknya membawa susu formula dan air panas untuk berjaga-jaga di tempat yang tidak memungkinkan untuk memberi ASI.

  1. Bawa kereta dorong anak

Jangan lupa untuk membawa kereta dorong anak (stroller) ketika ingin mudik. Membawa kereta dorong anak memang sedikit merepotkan, tapi sebenarnya memiliki lebih banyak manfaat. Selain tidak mengurangi lelah menggendong anak atau anak yang lelah terus berjalan, anak akan merasa lebih nyaman dan tidak terlalu takut. Sebaiknya gunakan kereta dorong anak yang ringan dan mudah dibawa.

  1. Bawa barang-barang kesukaan anak

Anda bisa saja membawa boneka, buku, mainan atau apapun yang membuatnya tidak bosan ketika diperjalanan nanti. Mungkin tab atau smartphone bisa kamu jadikan alternatif dengan menyiapkan game, lagu atau film favoritnya supaya menjadi perjalanan yang menyenangkan untuknya. Bisa juga mengajaknya bicara atau menikmati momen pemandangan bersamanya ketika dalam perjalanan, hal-hal yang baru akan membuat anak lebih tertarik.

  1. Menentukan jam tidur anak

Selama perjalanan mudik tentukan jam tidur anak agar tidak membuat waktu istirahat Anda juga terganggu. Bawa seperti selimut, bantal atau tempat tidur khusus untuk sibuah hati istirahat. Apabila sikecil susah tidur karena belum terbiasa dengan kendraan yang terus berlalu lalang, jalanan yang kurang baik atau suara berisik yang mengganggu, mungkin Anda dapat membantu menidurkannya dengan mempangkunya atau mengelus-ngelus kepalanya sambil sedikt menyanyikan sebuah lagu.

  1. Membawa perlengkapan P3K

Ini adalah perlengkapan wajib yang harus Anda siapkan sebelum memulai mudik. Anda tidak pernah tahu yang  akan terjadi selama perjalanan, maka membawa P3K dan obat-obatan untuk keadaan darurat sangatlah penting. Setidaknya Anda bisa melakukan pertolongan pertama, jika anda ataupun keluarga tercinta Anda mengalami sesuatu yang tidak diinginkan.

Terlepas dari semua persiapan yang Anda siapkan, tetap pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit dan prima. Pastikan juga memeriksa kelayakan kendraan agar menjamin keselamatan Anda dalam perjalanan jauh nanti. itulah 6 tips mudik lebaran membawa balita aman dan nyaman. Patuhi peraturan dan perhatikan keselamatan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *